8 cara menjaga dan merawat harmonika

Harmonika memiliki strip tipis dari logam yang jika bergetar maka akan menghasilkan suara. Ukuran bagian ini sangat tipis, sehinga jika ada kotoran yang menyangkut akan membuat suara yang duhasilkan harmonika menjadi tidak bagus.

Berikut ini adalah 8 hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga harmonika anda tetap bersih :

  1. Jangan makan sambil memainkan harmonika Anda
    Hal itu jelas akan membuat makanan atau setidaknya sisa makanan dari mulut anda akan menetap di dalam harmonika
  2. Jangan minum minuman yang lengket, atau pun minuman berat sebelum bermain
  3. Akan lebih baik jika berkumur-kumur atau bahkan menyikat gigi jika perlu, sebelum bermain harmonika
  4. Tempatkan/letakkan harmonika Anda di dalam kotaknya atau di tempat bersih lainnya disaat tidak dimainkan
  5. Dikarenakan ukuran harmonika yang kecil, jadi perhatikan bahwa jangan meletakkanya sembarangan, sehingga bisa saja terduduki, terinjak, atau malah lupaanda lupa meletakkannya dimana.
  6. Usahakan untuk menghadapkan bagian bawah harmonika kebawah setelah dimainkan. Hal ini bisa membantu mengeluarkan air liur yang mungkin ada didalam harmonika disaat kita memainkan sebelumnya.
  7. Jangan pernah membiarkan orang lain memainkan harmonika anda.
    Yach..kecuali itu adalah seseorang yang tidak berkeberatan (dan tentunya anda tidak keberatan) untuk memainkan harmonika anda. mengingat disaat memainkannya kita pasti “mencium” harmonikanya…. dan terakhir
  8. Pastikan anda menempatkan harmonika suatu tempat di yang nyaman dan sedekat mungkin dengan anda, jadi anda bisa memainkannya sesering mungkin.
This entry was posted in Harmonica. Bookmark the permalink.

11 Responses to 8 cara menjaga dan merawat harmonika

  1. Ridho Alfioderi says:

    dan juga mesti sesekali rendam dengan air panas,.agar kumannya mati dan rednya bisa sedikit lembut.Sehingga enak memainkan bendingnya….

    • bismi says:

      tapi kalau direndam apa gak susah dikeringkan mas? gimana kalo dibuka aja harmonikanya waktu dibersihkan, jadi juga bisa lebih mudah untuk dibersihkan dan lebih cepat kering.

  2. comotera says:

    direndem pake air anget aj, trus d keringin d kipas angin ato dijemur..

  3. bismi says:

    selain air hangat, apa ada cairan lain yang bisa digunakan untuk membersihkan harmonika, alkohol atau yang lain?

  4. kalo direndem air hangat brapa menit?
    cara keringkannya tanpa dibuka gimana??

  5. bismi says:

    lamanya perendaman bisa sekitar 10 menit. tapi ingat jangan pake air panas, tapi yang hangat. disamping itu ada jga yg mencampur dengan alkohol atau lister*n (obat kumur).

    dikeringinnya juga tidak dianjurkan jika di jemur di matahari langsung, jadi cukup di tiriskan atau ada juga yang pake kipas angin. trus ntar di mainin bentar (tiup) juga udah kering kok.

  6. pipin says:

    ada 2 not harmonika ane yang fals.. benerinnya gimana tu.. yang satu sejak beli yang satunya lagi setelah beli..

  7. Ada 3 reed ane yang rusak / fals gan,jadi suaranya agak aneh gitu. Kira kira ngebenerinnya gimana ya gan?

  8. Die says:

    Di lembiru aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s