Pertanyaan mendasar mengenai Aikido

FAQ
Apakah saya harus menjadi besar dan kuat untuk berlatih Aikido?
Tidak, teknik Aikido tergantung pada kelembutan dan efisiensi gerakan, bukan semata-mata besar atau kuat

Apakah Aikido olahraga yang baik?
Ya, itu pasti, tetapi Anda akan memulai berlatih perlahan dan menjadi lebih kuat saat Anda belajar bagaimana melakukan gerakan-gerakan dengan aman.

Apakah rentan terluka ketika berlatih?
Tidak.Karena Aikido adalah beladiri yang tidak dipertandingkan. dan juga karena tekniknya dirancang tidak untuk kekerasan, sehingga relatif kecil akan terjadi luka saat berlatih Aikido .

Tidakkah para siswa advance jengkel karena harus berlatih dengan pemula?
Tidak. Berlatih Aikido dilakukan dengan berpasangan.Siswa lanjutan dapat belajar dari pemula, dan kemauan untuk membantu pemula adalah bagian dari semangat Aikido

Apakah saya harus berbicara bahasa Jepang atau menghafal banyak kosa kata Jepang?
Jelas tidak. Ada istilah praktek Jepang yang merupakan bagian dari Aikido, tetapi semua itu akan secara bertahap meresap ke dalam memori Anda ketika Anda mendengarnya berulang-ulang.

Apakah diperlukan pakaian khsusus untuk berlatih aikido?
Tidak harus, tapi praktisi aikido(Aikidoka) biasanya menggunakan dogi/Gi putih-putih sebagai pakaian latihan yang merupakan bagian dari filosofi aikido, anda bisa menggunakan pakaian training atau olahraga biasa

Dimanakah saya bisa berlatih aikido di Banda Aceh?
Anda bisa datang ke Lapangan Tennis Indoor Jasdam Iskandar Muda, Neusu, Banda Aceh. Disinilah Iskandar Muda Dojo berlatih setiap Senin & Rabu dari jam 16.30 – 18:30 WIB dan anda bisa menghubungi Khairuddin Aba (0813 6034 1450), jika membutuhkan informasi lebih lanjut.

Apakah Dojo ini memiliki lisensi?
Iskandar Muda Dojo merupakan bagian dari Institut Aikido Indonesia yang berada dibawah bimbingan Ganamurti Sensei, DAN IV. Serta berafiliasi dengan Suginami Aikikai dibawah supervisi Hiroshi Kato Shihan, DAN VIII

Dimana saya bisa mendapatkan dogi/Gi yang baik?
Anda bisa mencari di toko-toko olahraga di seputaran Banda Aceh, atau anda bisa langsung menghubungi pengurus Iskandar Muda Dojo, kami akan dengan senang membantu anda

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar aikido ?
Pembelajaran waza/Teknik Aikido biasanya dilakukan secara berulang-ulang hingga dapat melakukannya dengan terampil. Waktu yang diperlukan cukup lama (sekitar 5 tahun jika latihan setiap hari). Tapi itu tergantung pada latar belakang pelatihan yang telah dimiliki, kepatuhan untuk taat pada cara-cara belajar yang disarankan, serta kedisiplinan latihan dan melakukan pengulangan latihan (yang ditentukan. Namun terlepas dari itu, Proses berlatih Aikido adalah suatu proses yg selalu harus dijalani selama hidup kita, karena kedisplinan, semangat, harmonisasi, keterbukaaan, kejujuran, kerendahan hati, dan semangat Aikido lainnya hanya bisa didapat dengan berusaha berlatih Aikido sepanjang hidup anda.

Apakah aikido cocok untuk perempuan?
Tentu. Kenapa aikido merupakan beladiri yang ideal buat wanita, selain tidak merubah bentuk tubuh menjadi lebih berotot, secara umum tidak dibutuhkan tenaga yang besar jika seorang wanita mau berlatih sungguh2 dalam aikido. Selain itu di aikido lebih mementingkan etiket dan menekankan aturan2 yang ketat sehingga membentuk perilaku dan sikap sempurna. Karena tidak fokus pada tendangan dan pukulan akan meminimalisir kekerasan dan cidera pada wanita.

Apakah aikido cocok untuk Anak-anak?

Apakah saya terlalu tua untuk memulai berlatih?
Aikido dapat dipelajari, dipraktekkan dan dinikmati dengan aman oleh orang dari segala usia. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kondisi medis tertentu, cek dengan dokter Anda.

This entry was posted in Aikido and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s