Blog, Vlog, Photoblog, Linklog, Tumblelog, Microblog, Mobolog : apa bedanya ?

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik sehingga posting terbaru ditampilkan pertama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Blog biasanya dikelola oleh satu orang, walaupun juga terkadang dikelola juga oleh sekelompok kecil orang , dan sering mempunyai tema tunggal.

Vlog (Video blogging) biasa juga disebut vlogging atau vidblogging  adalah bentuk blogging untuk yang mediumnya adalah video, dan merupakan bentuk televisi Web. Isinya sering menggabungkan video atau link video dengan didukung teks, gambar, dan metadata lainnya. Video log (vlogs) juga sering mengambil keuntungan dari sindikasi web untuk memungkinkan distribusi video melalui Internet baik menggunakan RSS atau Atom format sindikasi, untuk agregasi otomatis dan pemutaran pada ponsel dan komputer pribadi.

Photoblog (atau photolog, atau phlog) adalah cara  berbagi foto dan penerbitan dalam format blog. Ini berbeda dari sebuah blog dikarenakan  lebih dominan dan fokus pada foto-foto bukan teks. Photoblogging (aksi melakukan postingan foto ke photoblog) mendapatkan momentum pada awal 2000-an dengan munculnya moblog dan cameraphones.

Linklog adalah kumpulan dari URL (hyperlink) yang oleh pengelola dianggap cukup menarik untuk mengumpulkan. Seperti halnya weblog, entri tercantum dalam urutan kronologis terbalik, artinya postingan terbaru akan berada paling atas. Tidak seperti weblog, meskipun, postingan hanya terbatas satu link per posting dan judul.  Walaupun juga memiliki opsi untuk memasukkan beberapa penjelasan lebih lanjut atau komentar dapat diberikan.

Tumblelog (juga dikenal sebagai tumblog) adalah bentuk variasi dari sebuah blog dengan kelebihan pada bentuk yang singkat dan dapat melakukan posting tidak hanya dalam bentuk tulisan, namun juga dapat dicampur dengan bentuk media lain yang terkait dengan blogging. biasanya adalah multimedia (foto, lagu, , dan video), juga link dan Quote serta potongan lain dari konten yang bisa dibagikan dengan follower mereka.  Tidak seperti blog, tumblelog sering digunakan untuk berbagi ciptaan, penemuan, atau pengalaman sang penulis dengan sedikit atau bahkan tanpa komentar. Selanjutnya tentang tumblog bisa lihat di postingan Jason Kottke  disini.

Microblog adalah media siaran dalam bentuk blogging. Sebuah microblog berbeda dari sebuah blog tradisional karena isinya biasanya lebih kecil dalam ukuran file yang sebenarnya baik dan agregat. Microblogs “memungkinkan pengguna untuk bertukar elemen kecil dari konten seperti kalimat-kalimat pendek, gambar individu, atau link video”. Seperti dengan blogging tradisional, microbloggers memposting tentang topik mulai dari yang sederhana, seperti “apa yang saya lakukan sekarang,” sampai, tematik seperti “mobil sport.” Komersial microblogs juga ada, untuk mempromosikan website, jasa dan / atau produk, dan untuk mempromosikan kolaborasi dalam sebuah organisasi. Beberapa layanan microblogging menawarkan fitur seperti pengaturan privasi, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa yang dapat membaca microblogs mereka, atau cara-cara alternatif entri penerbitan selain antarmuka berbasis web. Ini mungkin termasuk pesan teks, pesan cepat, e-mail, atau audio digital.

Mobolog (Mobile blogging) adalah metode penerbitan ke sebuah website atau blog dari ponsel atau perangkat genggam lainnya. Moblog A membantu blogger untuk memposting kebiasaan menulis langsung dari ponsel mereka. Blogging Mobile telah dimungkinkan oleh konvergensi teknologi, sebagai blogger telah mampu menulis, merekam dan meng-upload media yang berbeda semua dari satu , perangkat mobile.

sumber :
wikipedia
kottke
ilovetumblr

This entry was posted in Blogging and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Blog, Vlog, Photoblog, Linklog, Tumblelog, Microblog, Mobolog : apa bedanya ?

  1. tony says:

    makasih penjelasannya,sangat bermanfaat🙂

    kunjungi juga blog saya

    sukarender.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s