[Review] Plus Minus Facebook Messenger for Windows

Sejak lama, facebook telah menanamkan fitur chat sebagai salah satu media untuk memanjakan penggunanya. Fitur ini cukup bagus dan belakangan juga semakin diperlengkap dengan berbagai macam fasilitas tambahan, misalnya kemudahan untuk chatting antar sesama anggota dalam satu grup, juga dimungkinkan Invite teman dalam satu percakapan.

Beberapa waktu yang lalu Facebook kembali membuat sebuah program untuk terus mendukung fitur Chat ini, yaitu Facebook Messenger, yang mempunyai dua jenis, yaitu Facebook Messenger untuk Desktop dalam hal ini disebut Facebook Messenger for Windows, dan yang kedua Facebook Messenger for Mobile.Namun kali ini saya hanya membahas yang versi desktop.

Untuk bisa menikmati fasilitas ini, anda diharuskan untuk meng-install program tersebut di komputer/laptop anda. untuk itu tentunya sebelumnya harus di download dulu programnya di halaman Messenger for Windows.

Digambar di atas, ada tombil Install Now, silahkan di klik tombol itu dan anda akan mendapati,pop-up untuk mendownload program tersebut.Klik Save File jika ingin mendownload.

Jika telah di download, silahkan di instal seperti menginstal program Windows biasa, dan perlu dicatat bahwa anda juga membutuhkan koneksi internet untuk menginstall program ini. jika peng-instal-an berhasil, maka akan terlihat di menu Windows, sperti pada gambar dibawah:

Silahkan di Klik program facebook messenger-nya, maka akan muncul ikonnya di pojok kanan bawah:

klik ikon tersebut, maka akan langsung terbuka tampilan facebook messenger-nya

masukkan email dan password maka anda akan langsung online.

saya akan jelaskan beberapa bagian dari program ini:

Dibagian atas terdapa tiga menu, yaitu Friend Requests, Messages, dan Notifications, yang sebenarnya sama dengan yang ada pada halaman facebook biasa.

Dibagian bawah, juga terdapa beberapa fitur, yaitu Search, Settings dan Lock/Unlock.

Untuk tampilan menu Setting, bisa dilihat di gambah diatas, sedangkan jika kita klik tombol Lock, maka program messenger akan langsung berpindah dan terkunci di sisi kanan desktop.

Terkunci/Lock disini artinya bahwa program ini tidak bisa di geser ada dipindah, jika ingin dipindah, maka harus klik tombol Unlockterlebih dahulu.

Jika anda ingin chatting dengan teman, silahkan klik saja di daftar teman yang telah muncul. tentu saja yang bertanda titik hijau,itu yang sedang online.

Gambar diatas adalah tampilan jendla chatting-nya. juga ada tombol setting di bagian kanan atas. untuk fasilitas chatting, juga tersedia emoticon.

mengenai plus minus prgram ini belum banyak yang bisa saya terangkan, namun beberapa diantaranya:

Minus:

1.setiap ada notifikasi maka akan muncul pop-up yang sedikit mengganggu, walaupun sebenarnya bisa di matikan.

2. Tidak adanya sikronisasi antara program messenger ini dengan facebook. jadi jika ada notifikasi atau friend request dan kita ingin melihatnya di halaman web, maka kita diharuskan untuk Sign In kembali sekalipun kita telah sign in di program messenger.

berbeda halnya dengan Yahoo Messenger, dimana ketika kita online YM, maka kita juga bisa langsung membuka email Yahoo di web, tanpa perlu Sign In lagi.

3. tidak ada fitur sent file pada program FM ini.

Plus:

sebenarnya saya hampir tidak menemukan keuntungan kita memakai program ini. karna masih terdapat banyaknya keterbatasan. mungkin kedepan FM ini akan bisa terus di upgrade sehingga pengguna akan lebih dimanjakan dan mendapat fasilitas yang lebih baik lagi.

btw, saya berencana akan langsung meng-Uninstall program ini, setelah postingan ini selesai🙂

This entry was posted in Social Media and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s